Mengamankan Windows dengan Sandboxie

Dengan semua tips dan program yang sudah dibahas, Windows Anda tentunya semakin aman. Akan tetapi, jika Anda belum puas, Anda bisa mencoba menggunakan freeware Sandboxie yang menawarkan perlindungan terhadap aplikasi secara khusus. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan keamanan Windows satu level lagi.

Tugas-tugas Sandboxie

Membaca dan menulis data termasuk tugas sehari-hari program komputer. Namun, bila browser sudah mulai menulis pada bagian-bagian kritis, seperti direktori Windows, tentunya ada yang salah. Di sinilah Sandboxie dibutuhkan. Apabila program ini telah diaktifkan, Anda dapat menentukan, program mana saja yang tidak memiliki akses langsung pada hard disk. Program-program tersebut bisa Anda tempatkan pada “kotak pasir” dari Sandboxie. Dalam lingkungan terproteksi inilah, semua perubahan pada bagian kritis bisa dibatalkan setelah aplikasi diakhiri. Dengan demikian, PC Anda tetap utuh dan bersih.

Menjalankan Sandboxie

Setelah instalasi (www.sandboxie.com). Sandboxie otomatis di-load pada setiap start Windows dan dapat dibuka dengan klik ganda pada icon di Systray. Namun, Anda dapat membukanya dengan cara lain, yaitu melalui menu Start. Sesudah itu, jalankan program “Sandboxie Control”.

Mengendalikan aplikasi

Apabila Sandboxie telah terinstalasi, ada berbagai kemungkinan untuk menjalankan aplikasi dalam lingkungan terproteksi. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda menggunakan metode klik kanan mouse. Misalnya, Anda akan membuka Firefox. Jalankan Firefox dengan cara klik kanan pada icon dan memilih “Run Sandboxed”.

Browser Firefox akan terbuka seperti biasa, tetapi dalam lingkungan terkendali. Dengan begitu Anda dapat mengenali rangkaian-rangkaian karakter “[#] yang digunakan Sandboxie untuk membingkai nama program.

Lingkungan virtual akan lebih jelas lagi bila Anda menjalankan sebuah proses download. Awalnya, semua berlangsung seperti biasa, tetapi setelah download selesai, Anda tidak menemukan file yang di-download pada hard disk. Sandboxie telah melaksanakan tugasnya dan menutup akses Firefox pada hard disk.

Membebaskan download

Website yang mengandung konten berbahaya tidak boleh mendapat akses pada PC Anda. Namun, Sandboxie juga tidak boleh menghalangi semua proses download yang memang Anda inginkan. Begitulah peraturan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan sebuah option pada Sandboxie untuk memberi akses download kepada Anda. Dalam “Sandboxie Control”, klik kanan “Sandbox DefaultBox” dan “Sandbox Settings”. Kini pilih dalam struktur di sisi kiri poin “Recovery| Quick Recovery” melalui “Add Folder”, tambahkan sebuah folder untuk menyimpan download dan konfirmasikan dengan “OK”. File-file yang ditulis dalam folder ini tidak hilang.

Untuk mengakses download, cukup jalankan klik kanan pada icon Sandboxie dalam Systray. Lalu, pilih “DefaultBox| Quick Recovery”. Dengan segera akan tampak sebuah window dengan file-file yang sudah di-download. Tandai file yang diinginkan dan klik “Recover to Same Folder”. Sandboxie mentransfer file dari lingkungan virtual ke folder download sebenarnya dan Anda dapat mengaksesnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: