Tools Partisi Pembunuh Vista

Tools: GpartEd

Windows Vista membawa beberapa perubahan dibandingkan Windows XP. Bukan hanya tampilannya saja yang berbeda, cara Vista menulis partisi dalam hard disk juga berbeda dengan Windows XP.

Partisi utama (Primary Partition) memang masih diperlakukan dengan cara yang sama oleh XP maupun Vista. Namun tidak demikian halnya dengan partisi tambahan (Extended Partition). Windows XP menandai batas partisi tambahan dengan 64 sektor tersembunyi. Namun, Vista membutuhkan 1.566 hingga 2.048 sektor untuk menandakan batas tersebut.

Tools partisi yang tidak dapat mengenali perbedaan tersebut akan merusak partisi yang dibuat oleh Vista. Sektor-sektor yang dibuat Vista tidak dapat dikenalinya dan mereka secara otomatis akan ditulis ulang menjadi 64 sektor yang biasa digunakan dalam Windows XP.

Proses tersebut terjadi pada tool partisi Linux yang sebelum kehadiran Vista sangat disarankan penggunaannya bernama GpartEd. Untuk menggambarkan akibatnya, bayangkan Anda baru membeli sebuah notebook dengan sistem operasi Vista dan ingin menambahkan sebuah partisi data pada partisi tunggal yang tersedia. Setelah restart, sistem tidak menemukan “winload.exe” dan Windows Vista tidak bisa dijalankan lagi!

Sekarang besar kemungkinan GpartEd sudah mendukung Vista, tetapi masih banyak keluhan dengan masalah tersebut yang muncul di forumnya. Untungnya partisi sistem dapat di-restore menggunakan “bootrec.exe” dari DVD Vista. Pengguna Vista sebaiknya hanya menggunakan tool partisi yang mendukung penuh Windows Vista.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: